Rabu, 21 Oktober 2015

Contoh Bab 1 Pada Metode Penelitian

1.1 Latar Belakang Masalah
Kota Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia dan juga sebagai kota yang besar yang mempunyai perekonomian yang besar pula. Di dalamnya terdapat berbagai macam jenis usaha seperti bisnis, pabrik, rekreasi, maupun kepariwisataan yang bisa meningkatkan perekonomian kota dari tersedianya lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar, maupun penerimaan pajak yang di dapat bagi kota Jakarta. untuk itu salah satunya untuk meningkatkan pendapatan kota Jakarta maupun daerah lain adalah dengan meningkatkan sektor kepariwisataan. Salah satu sektor kepariwisataan adalah hotel, di ibu kota Jakarta banyak sekali berbagi macam hotel dari dalam negeri maupun luar negeri, dari hotel kelas melati sampai hotel mewah berbintang lima, di sini pemerintah harus bisa memberikan support bagi hotel dengan cara membuat kebijakan dan promosi maupun kerja sama yang bisa meningkatkan jumlah turis lokal maupun manca negara yang pada akhirnya akan menambah pendapatan bagi hotel, meningkatkan perokonomian kota serta pada akhirnya akan memberikan pendapatan bagi kota Jakarta.

Selain itu selain dari pihak pemerintah mungkin upaya ini harus dibarengi dari upaya hotel juga dalam menarik wisatawan yang ada, Salah satu cara dan strategi bagi hotel  untuk menarik pelangan selain promosi tetapi dengan menyediakan pelayanan yang bisa memberikan nilai lebih yang bisa memberikan kesan kepada konsumen, nantinya konsumen bisa loyal atau setia kepada hotel tersebut. Adpun definisi dari  Loyalitas adalah komitmen yang dipegang kuat untuk membeli lagi atauberlangganan lagi produk atau jasa tertentu di masa depan meskipun situasi dan usaha pemasaran yang berpotensi menyebabkan peralihan perilaku (Oliver dalam Kotler dan Keller, 2006). sehingga nantinya konsumen dapat mempromosikannya kepada kerabat atau saudara yang lainnya, sehigga nantinya pengunjung dari hotel tersebut dapat bertambah dikarenakan pengaruh dari pemasaran yang dilakukan konsumen secara tidak langsung dengan menyarankan kembali kepada kerabatnya atau saudaranya, ini semua adalah dampak dari strategi yang diterapkan dari hotel tersebut, dalam membuat konsumen agar tetap loyal, sehingga nantinya salah satu tujuan dari perusahaan dalam meningkatkan pendapatan bisa tercapai dengan baik.

 Karena salah satu tujuan marketing adalah bisa mempromosikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan, selain itu bisa memberikan kepuasan kepada konsumen,  Sebab kepuasan konsumen merupakan nilai dari pemasaran. Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen atau tamu hotel pada dasarnya banyak. Salah satunya adalah pelayanan atau jasa yang diberikan oleh Hotel tersebut, bagaimana sebuah hotel peduli terhadap pengunjung, pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang di janjikan dan nyata, dan juga bisa terlihat di mata konsumen.

Namun selain itu ada factor lain yang bisa mempengaruhi konsumen, seperti image dari hotel tersebut, konsumen akan merasa puas jika hotel yang mereka datangi mempunyai merek yang terkenal, sehingga pengunjung hotel merasa istimewa, eksklusif, dan prestigious karena pada beberapa orang merasa puas jika mendapatkan prestigious dan pengakuan dari lingkungannya, yang dalam hal ini adalah kepuasan tersendiri yang diterima konsumen. Untuk memberikan kepuasan ini kadang kadang bagian pemasaran dari hotel melakukan cara untuk meningkatkan citra agar nama dari hotel nya bisa terkenal dan mempunyai nama yang baik. Selain memiliki nama yang baik, lokasi juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi citra sebuah brand dari hotel tersebut. Seperti tempat yang strategis, ada di pusat kota dan bisnis, tetapi tetap mempunyai suasana yang tenang. Karena kita ketahui bahwa lokasi atau Place merupakan salah satu marketing mix atau bauran pemasaran, yang bisa berpengaruh pada Citra merek yang pada akhirnya akan mempengaruhi sebuah penjualan jasa hotel tersebut. Tapi pada khasus ini  Fave hotel adalah hotel yang terletak di Pusat Grosir Cililitan (PGC) dalam memilih lokasi hotel berada di dalam sebuah pusat grosir, yang kita ketahui bahwa di pusat grosir mempunyai keramaian yang tinggi karena banyak transaksi antara penjual dan pembeli. Sehingga ditakutkan akan mengurangi kepuasan dari customer hotel Fave tersebut. Yang pada akhirnya akan mempengaruhi ke loyalan dari customer hotel tersebut. Dari masalah di atas saya selaku penulis tertarik untuk membuat penelitian yang berjudul ‘’ FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS TAMU HOTEL DI JAKARTA

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, penulis
dapat mengidentifikasi sebagai berikut :
1.      Strategi Pemasaran yang di terapkan perusahaan berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen atau  tamu hotel
2.      Sejauh mana factor tangibility, reliability, service quality dan brand image memmpengaruhi loyalitas dari konsumen atau tamu hotel.

1.3 Batasan Masalah
A.    Objek Pnelitian ini adalah :
Variable Bebas :
·         Tangibilty
·         Reliability
·         Responsiveness
·         Service Quality
·         Brand Image
Variable terikat :
·         Customer Loyality
B.     Subjek Penelitian
Subjek Penelitian kami adalah pengunjung hotel yang berkunjung ke hotel yang berada di daerah Jakarta.



1.4 Rumusan Masalah
1.       Apakah Tangibility memiliki hubungan yang Positif dan Signifikan terhadap Service Quality?
2.       Apakah Responsiveness memiliki hubungan yang Positif dan Signifikan terhadap Service Quality?
3.       Apakah Reliability memiliki hubungan yang Positif dan Signifikan terhadap Service Quality ?
4.       Apakah Brand Image memiliki hubungan yang Positif dan Signifikan terhadap Customer Loyalty ?
5.       Apakah Service Quality memiliki hubungan yang Positif dan Signifikan terhadap Customer Loyalty ?


1.5 Tujuan Penelitian
1.      Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut ;
2.       Untuk Mengetahui/membuktikan hubungan yang Positif dan Signifikan antara Tangibility dengan Service Quality
3.       Untuk Mengetahui/membuktikan hubungan yang Positif dan Signifikan antara Responsiveness dengan Service Quality
4.       Untuk Mengetahui/membuktikan hubungan yang Positif dan Signifikan antara Reliability dengan Service Quality
5.       Untuk Mengetahui/membuktikan hubungan yang Positif dan Signifikan antara Brand Image dengan Customer Loyalty
6.       Untuk Mengetahui/membuktikan hubungan yang Positif dan Signifikan antara Service Quality dengan Customer Loyalty

1.6 Manfaat Penelitian
A.    Merupakan sumbangan pemikiran dalam sektor pemasaran dan pariwisata khususnya pada sector perhotelan di daerah ibu kota Jakarta

B.     Bagi pengelola pasar, dapat memberikan informasi tentang pentingnya servis dan promosi yang dilakukan

C.     Diharapkan hasil ini dapat dimanfaatkan sebagai pengetahuan dan salah satu referensi untuk lebih lanjut berkaitan dengan permasalahan sejenis

D.    Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis yang nantinya dapat berguna bagi dunia kerja, dan sebagai perbandingan antara aplikasi atau praktek yang di dapat dengan teori yang di pelajari selama kuliah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar